Jumat, 20 Mei 2011

Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Pada Anak-Anak

Seperti nyang kita ketahui bahwa saat ini teknologi telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan, bahlan bisa dibilang sangatlah maju. Mulai dari ponsel, komputer, dan peralatan elektronik lainnya telah mengalami beberapa perubahan dan kemajuan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Tak heran hal ini justru sangat berdmpak positif sekali bagi manusia dalam kehidupan ekonomi, bisnis, pendidikan dan sebagainya. Namun siapa sangka bahwa dari adanya kemajuan teknologi ini ternyata juga tidak hanya berdampak positif saja namun juga memiliki beberapa dampak negatifnya. Sebagai contoh internet, ternyata keberadaan internet juga ternyata bisa menjadi ancaman bagi generasi muda, disampaing internet memeberikan banyak ilmu pengetahuan, internet juga memiliki keburukan. Sebagai contooh ada beberapa situs yang memeang ternyata tidak boleh untuk dibuka ataupun dilihat oleh para generasi muda, dalam hal ini anak-anak. Karena biasanya situs tersebut terdapat unsur-unsur pornografi maupun yang berbau SARA. Tetapi tetap saja masih banyak anak2 Indonesia yang masih bisa mengakses situs-situs tersebut.


Lain halnya dalam teknologi elektronik, dalam hal ini ialah permainan playstation. Permainan ini ternyata juga banyak anak-anak yang sudah menyalahgunakannya. Permainan yang seharusnya tidak untuk dimainkan setiap hari ternyata malah sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan anak-anak, terlebih lagi masih banyak kita lihat jika di beberapa rental terdapat anak-anak yang sedang bermain playstation dengan memakai seragam sekolah, padahal mereka seharusnya berada di sekolah karena memang sedang waktunya jam sekolah. Berbagai permainan biasa dimainkan oleh anak-anak, mulai dari sepak bola hingga permainan yang berbau peperangan dan saling membunuh. Alhasil kadang juga akan berimbas pada kehidupan anak-anak itu sendiri, dengan melakukan penyalahgunaan seperti berjudi, mempraktekan adegan perkelahian yang biasa mereka mainkan di playstation dalam kehidupan sehari-hari mereka.


Tentu saja hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja mengingat anak-anak adalah salah satu generasi penerus bangsa yang harus memajukan bangsa dan negeri ini. Diharapkan pemerintah juga mau untuk menanggulangi masalah ini, dan mau untuk memberikan pelyanan dan kesejahteraan bagi masyarakatnya di tengah kecarut-marutan yang sedang terjadi di bangsa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar