Sabtu, 05 Mei 2012

Tugas Softskill Bahasa Indonesia 2


RESENSI ARTIKEL

1.      DATA PUBLIKASI
a.       Judul Tulisan         : Sejuta Sepeda, Sejuta Pohon
b.      Nama Penulis        : Bang Aswi
c.       Penerbit                 : www.bangaswi.wordpress.com
d.      No/Tanggal Terbit : 5 Juni 2011
e.  No.Halaman        : http://bangaswi.wordpress.com/2011/06/05/sejuta-sepeda-sejuta-pohon/
f.       Tema                     : Lingkungan Hidup

2.      RINGKASAN
Pada hari tepat disaat Hari Lingkungan Hidup Sedunia, banyak hal yang dapat dilakukan, seperti komunitas sepeda B2W yang mengadakan kegiatan sejuta sepeda, sejuta pohon yang melakukan kegiatan menanam 100 pohon di beberapa titik kota Bandung. Tidak hanya komunitas B2W saja, tetapi mereka juga bekerja sama dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan  Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI)  dalam menyelenggarakan acara tersebut.

Selain acara menanam 100 pohon, ada juga acara BEBEJA atau Bebenah Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Balad Kuring dan Badan Pengembangan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) dengan tema “Hutan Penyangga Kehidupan”. Ada tiga acara yang dilibatkan, yaitu diantaranya sepeda santai menuju Taman Hutan Raya Djuanda, yoga, dan menanam pohon, yang didukung oleh beberapa komunitas seperti Bulb, British Council, Yoga Leaf, Yayasan Kaisa, Greeneration Indonesia, dan Sasusu.

Melalui kegiatan-kegiatan ini diharapakan akan mengingatkan kepada setiap orang untuk senantiasa menjaga dan melestarikan lingkungan di sekitar kita. Banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari diri sendiri, seperti membuang sampah pada tempatnya, menghemat penggunaan listrik dan air, menanam pohon dna merawatnya hinga besar. Mengingat masalah lingkungan hidup adalah masalah bersama, terlebih jika melihat dan merasakan gejala-gejala seperti pergantian musim yang tidak menentu, hujan badai dimana-mana, angin puting beliung yang memporak-porandakan lingkungan, gelombang tinggi yang menerjang di lautan, dan kekeringan yang terjadi pada waktu yang tidak menentu bersamaan dengan wabah penyakit yang meningkat.
Ada banyak hal yang bisa dilakukan bersama dalam rangka kegiatan menjaga dan merawat lingkungan, diantaranya adalah :
·         Gunakan lampu hemat energi, dan matikan jika tidak diperlukan.
·         Matikan monitor komputer jika tidak dinyalakan.
·         Kurangi penggunaan plastik dan styrofoam yang tidak ramah lingkungan dan tidak dapat diurai.
·         Perbaiki keran yang rusak dan matikan keran jika sudah tidak menggunakan air.
·         Matikan AC dan buka jendela lebar-lebar agar dapat merasakan hembusan angin yang menyegarkan.
·         Tanam pohon sebanyak mungkin dan dukung semua kegiatan pelestarian hutan serta mengehentikan pembakaran hutan dan illegal logging.
·         Kurangi penggunaan kendaraan bermotor.

3.      KEUNGGULAN
·         Kita dapat melakukan kegiatan-kagiatan yang berkaitan dengan usaha menjaga kelestarian lingkungan.
·         Menjaga lingkungan melalui beberapa tindakan-tindakan yang dapat dimulai dari diri sendiri, seperti menghemat penggunaan listrik, mengurangi pemakaian kendaraan bermotor, dan sebagainya.

4.      KELEMAHAN
·         Artikel ini kurang dalam memberikan contoh-contoh gambar yang dapat diinformasikan kepada para pembaca.

5.      SARAN
Melalui artikel ini dirapakan bagi kita semua untuk senantiasa menjaga dan merawat lingkungan di sekitar kita. Mulailah dari pribadi masing-masing sehinga kemudian kita akan terbiasa dan memberikan contoh bagi yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar