Senin, 09 Januari 2012

Membuat Program Biodata Mahasiswa Dengan Java

Dalam pembuatan program berikut proses dalam pembuatan nama filenya sama seperti pada program java yang sebelumnya pernah dipelajari. Hanya saja disini kita menggunakan nama file “latihan2”. Perhatikan gambar dibawah ini :

Lalu ketikkan listing programnya seperti berikut ini :

Keterangan logika :

import javax.swing.*; = menggunakan package javax.swing.

public class latihan = public class yang digunakan pada program ini adalah “latihan2”, sesuai dengan nama file yang kita buat sebelumnya tadi.

Public static void main (String args[]) = merupakan statemen yang digunakan untuk membuat argumen dengan menggunakan variabel.

System.out.println(“Nama : Hari Eko F”); = merupakan perintah untuk mencetak, dimana hasil keluaran yang dicetak adalah kata “Hari Eko F”.

System.out.println(“NPM : 13109736”); = merupakan perintah untuk mencetak, dimana hasil keluaran yang dicetak adalah kata “NPM : 13109736”.

System.out.println(“Kelas : 3KA24”); = merupakan perintah untuk mencetak, dimana hasil keluaran yang dicetak adalah kata “Kelas : 3KA24”.

Tanda” {“ dan” }” = digunakan untuk menandai awal dan akhir dari suatu statement.


Lalu lakukan build untuk mengkompile program tersebut, jika sudah lalu jalankan programnya dengan menekan F5. Maka tampilannya akan seperti berikut ini :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar